Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Process

MANAJEMEN MUTU KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 2 CEPIRING KABUPATEN KENDAL

Fitriyati Dyah Permatasari (Unknown)
Titik Haryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Cepiring memiliki peran penting dalam pengembangan karakter, minat, dan bakat siswa. Penelitian ini menganalisis manajemen mutu kegiatan ekstrakurikuler beserta kedisiplinan siswa. Melalui pendekatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, penelitian ini menemukan bahwa perencanaan yang partisipatif dan sistematis sangat diperlukan untuk menentukan jenis kegiatan yang sesuai dengan minat siswa. Meskipun pelaksanaan kegiatan pada semester pertama berjalan lancar, terdapat penurunan partisipasi siswa pada semester kedua, yang diindikasikan oleh berkurangnya absensi dan dukungan dana. Evaluasi menunjukkan pentingnya penguatan sistem komunikasi antara manajemen, pelatih, dan siswa, serta pengembangan program yang lebih variatif dan menarik. Disiplin siswa meningkat melalui keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler, namun tantangan muncul ketika minat siswa tak terpenuhi. Melalui rekomendasi untuk meningkatkan komunikasi, membangun variasi kegiatan, dan memberikan penghargaan bagi siswa, diharapkan manajemen mutu ekstrakurikuler menjadi lebih efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan yang baik mampu menghasilkan kontribusi yang signifikan terhadap prestasi dan pengembangan karakter siswa. Kesimpulan menyarankan perlunya kolaborasi yang kuat antar semua pihak untuk mengatasi tantangan yang ada. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Cepiring diharapkan dapat berkontribusi secara optimal dalam pembentukan kedisiplinan dan pengembangan kompetensi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...