Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01, Maret 2025

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI GRAFIK PLDV

Zafitri, Pujita (Unknown)
Arjudin (Unknown)
Primajati, Gilang (Unknown)
Sripatmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yang kurang efektif serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD digital terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi grafik persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif serta desain posttest-only control. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa model PBL berbantuan LKPD digital, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (78) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (73). Berdasarkan perhitungan uji-t menggunakan SPSS dengan tingkat signifikansi 5%, diperoleh nilai , yang ≤ 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, hasil uji effect size menunjukkan nilai 0,550, yang termasuk dalam kategori sedang, yang berarti bahwa model PBL berbantuan LKPD digital memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...