Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP SISWA KELAS V DI SDN 35 PAMMANU KABUPATEN LUWU

Rasyid (Unknown)
Mustafa (Unknown)
Arnidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan sebuah pendekatan dalam pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan memperhatikan karakteristik serta kemampuan siswa dengan berorientasi pada kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terhadap siswa kelas V di SDN 35 Pammanu Kabupaten Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan purposive sampling. Pada tahap reduksi data, peneliti merangkum data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan beberapa data dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru kelas V SDN 35 Pammanu Kabupaten Luwu melakukan perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan memetakkan kebutuhan belajar peserta didik, menyiapkan sumber belajar yang bermacam-macam, asesmen yang beragam, dan pelengkap pembelajaran lainnya. Kemudian, terdapat beberapa metode pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan di kelas V SDN 35 Pammanu Kabupaten Luwu antara lain: fleksibilitas dalam penugasan, kelompok kerja kolaboratif, materi pembelajaran yang diferensiasi, penggunaan teknologi pendidikan, pemberian umpan balik yang diferensiasi, penyesuaian waktu pembelajaran. Dalam penerapannya pembelajaran berdiferensiasi masih mengalami beberapa hambatan. Solusi yang dilakukan di antaranya dengan mengikuti pelatihan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka, guru harus mengenal siswa secara individu, guru merencanakan pembelajaran yang mengakomodasi perbedaan dalam pemahaman, tingkat kemampuan, gaya belajar, dan minat siswa, guru menggunakan metode pengajaran yang beragam, pentingnya kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...