Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan multimedia dalam kegiatan bermain sambil belajar untuk anak usia 4-5 tahun, khususnya dalam pengenalan huruf. Masalah yang diidentifikasi adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif, serta penggunaan lembar kerja yang membosankan. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan, implementasi, dan evaluasi multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia peraga huruf dari A hingga Z sangat efektif dan praktis digunakan. Uji kepraktisan menunjukkan skor tinggi, dengan respon anak 93,33% dan guru 95%. Uji efektivitas dengan N-Gain Score sebesar 82% mengkategorikan multimedia sebagai efektif. Uji Paired Samples Test juga menunjukkan bahwa multimedia ini berdampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan pengenalan huruf pada anak di PAUD An-Nisa. Hasil ini menunjukkan bahwa multimedia huruf dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Copyrights © 2024