Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 8 No. 5 (2024)

Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Singapura dan Indonesia: Refleksi dan Implikasi

Indrawati, Indrawati (Unknown)
Na'imah, Na'imah (Unknown)
Sope, Yuanita Anthon (Unknown)
Susanti, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu fondasi sistem pendidikan suatu negara. Perbedaan kurikulum setiap negara menjadi penting untuk dikaji guna mengadopsi praktik terbaik dan meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kurikulum PAUD di Singapura dan Indonesia. Analisis difokuskan pada perbedaan landasan pengembangan, struktur dan implikasi penerapan kurikulum. Metode yang digunakan adalah literatur review. Data primer diperoleh dari dokumen resmi kurikulum masing-masing negara. Data sekunder diperoleh dari 50 artikel penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Singapura menerapkan pendekatan terstruktur dan terstandarisasi. Sementara kurikulum Indonesia menerapkan pendekatan yang lebih fleksibel dengan fokus pada penyesuaian kearifan lokal yang selaras dengan nilai pancasila. Aspek lain yang berpengaruh pada implikasi penerapan kurikulum juga dibahas. Temuan ini dapat digunakan oleh peneliti, pendidik, serta pemangku kebijakan dalam melakukan pengembangan kurikulum.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...