Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 2 (2025)

Pendekatan STEM: Analisis Guru di Kabupaten Situbondo dan Implikasinya

Bramantha, Heldie (Unknown)
Suarmika, Putu Eka (Unknown)
Hidayat, Nuris (Unknown)
Dewi, Ratih Kusuma (Unknown)
Fasica, Nani Farah (Unknown)
Puspitaningtyas, Amalia Risqi (Unknown)
Hidayat, Alfien (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan STEM terkait pengetahuan dan penerapan guru beserta implikasinya. Desain penelitian menggunkan eksperimen dan studi deskriptif. Responden pada penelitian ini sebanyak 49 guru yang tersebar di Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan menggunaka uji korelasi yang berbantuan SPSS 26.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan penerapan pendekatan STEM (nilai signifikansi 0,00<0,005) dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,976 sehingga menunjukkan adanya arah hubungan yang positif dan kuat. Hal ini juga memiliki implikasi terhadap peningkatan pedagogik guru, kurikulum serta model pengajaran yang lebih partisipatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...