Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 4 (2025): in Progress

Manajemen Strategis Program Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini

Afrida, Afrida (Unknown)
Masruhim, Amir (Unknown)
Akhmad, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan manajemen strategik Program Sekolah Penggerak Pendidikan Anak Usia Dini (PSP PAUD) mulai dari perencanaan strategik, pelaksanaan program sekolah penggerak, sampai evaluasi dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan mengumpulkan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah penggerak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) PSP PAUD  berhasil meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan anak melalui keterlibatan aktif guru dan orang tua, serta kolaborasi antar sekolah, (2) Tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan sumber daya, teknologi, dan pemahaman program, (3) Evaluasi menyeluruh diperlukan untuk mengukur efektivitas program dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, termasuk hasil belajar (4) Langkah strategis, seperti pelatihan guru, peningkatan infrastruktur, dan sosialisasi kepada orang tua, penting untuk memperkuat pelaksanaan program, (5) Pengembangan kurikulum dan rencana keberlanjutan juga diperlukan untuk memastikan keberhasilan dan keberlanjutan program dalam jangka panjang. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan program sekolah penggerak dalam kualitas pendidikan anak usia dini dan perkembangan anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...