Joong-Ki
Vol. 4 No. 3: Mei 2025

Penerapan Teaching Factory Berbasis Proyek ROV untuk Meningkatkan Skill Mekatronika Siswa SMK Puger

Poetro, Joessianto Eko (Unknown)
Sutrisno, Imam (Unknown)
Rahmat, Mohammad Basuki (Unknown)
Widiarti, Yuning (Unknown)
Bashori, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2025

Abstract

Keterampilan mekatronika merupakan kompetensi utama yang perlu dikuasai oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya dalam menghadapi tantangan dunia industri 4.0 dan kebutuhan kerja berbasis teknologi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mekatronika siswa SMK Puger melalui pendekatan Teaching Factory berbasis proyek pembuatan Remotely Operated Vehicle (ROV). Metode pelaksanaan meliputi pelatihan dasar teori ROV, praktik perakitan komponen elektronik dan mekanik, pemrograman mikrokontroler, serta pengujian dan evaluasi hasil kerja siswa. Proyek ini tidak hanya mengembangkan kemampuan teknis siswa, tetapi juga mendorong peningkatan soft skills seperti kerja tim, problem solving, dan komunikasi teknis. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa pada aspek elektrikal, mekanikal, dan pemrograman. Program ini juga memberikan pengalaman nyata bagi siswa dalam menerapkan pembelajaran berbasis industri yang aplikatif. Dengan demikian, Teaching Factory berbasis proyek ROV terbukti efektif sebagai media pembelajaran untuk memperkuat kompetensi mekatronika di tingkat SMK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Joong-Ki

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science

Description

Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. Joong-Ki merupakan jurnal (Open Journal System) dari berbagai hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ekonomi, pendidikan, teknik, pertanian, sosial dan ...