PESHUM
Vol. 4 No. 3: April 2025

Evaluasi Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Grup Pada Pemebelajaran Struktur Aljabar

Eka Finanti Septiana Simamora (Unknown)
Imel Simanungkalit (Unknown)
Sri Lestari Manurung (Unknown)
Nurcahaya Br Zandroto (Unknown)
Putri Br Tarigan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Struktur Aljabar, khususnya teori grup, memiliki banyak aplikasi dalam matematika, tetapi mahasiswa sering kesulitan memahami konsep ini, terutama dalam pembuktian matematis, penggunaan definisi, dan penerapannya. Faktor utama penyebab kesulitan termasuk lemahnya penalaran matematis, kurangnya keterampilan membaca soal, dan minimnya eksplorasi konsep secara mandiri. Miskonsepsi tentang elemen identitas, invers, dan isomorfisme grup juga sering terjadi. Selain itu, metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif menjadi hambatan dalam pemahaman mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam memahami teori grup serta strategi pembelajaran yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar interaktif, metode eksplorasi konsep, diskusi kelompok, dan teknologi dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa. Evaluasi berkelanjutan, latihan soal terstruktur, serta bimbingan akademik yang intensif juga berkontribusi dalam memperbaiki pemahaman. Dengan strategi pembelajaran yang lebih efektif, mahasiswa diharapkan dapat menguasai teori grup dan mengaplikasikannya dalam berbagai bidang ilmu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...