Jurnal Nagur
Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 NO. 2 Nov 2023

Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Proses Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMP PTPN IV Bah Jambi

Sidabutar, Hoddy Aman (Unknown)
Asnewastri, Asnewastri (Unknown)
Ginting, Andres M Ginting (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi WhatsApp dalam proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII SMP PTPN IV Bah Jambi. WhatsApp, yang merupakan aplikasi pesan instan yang populer, memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh maupun tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei yang melibatkan siswa dan guru sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran IPS di kelas VII dapat meningkatkan interaksi antara siswa dan guru, mempercepat distribusi materi, serta memfasilitasi diskusi kelompok. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan pemahaman teknis dan kurangnya waktu untuk memanfaatkan aplikasi secara optimal, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa WhatsApp dapat menjadi media yang efektif dalam mendukung proses belajar mengajar, terutama dalam meningkatkan partisipasi siswa dan mempermudah komunikasi dua arah. Oleh karena itu, disarankan agar aplikasi WhatsApp dimanfaatkan lebih maksimal dengan bimbingan yang memadai kepada siswa dan guru dalam penggunaan teknologi ini. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nagur

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Nagur adalah Jurnal yang diterbitkan secara online (e-ISSN: 2620-4878) oleh Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun. Jurnal Nagur terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Mei dan November. Jurnal Nagur merupakan media untuk ...