cover
Contact Name
Satria Chandra
Contact Email
eduhistoris.usi@gmail.com
Phone
+6281361746713
Journal Mail Official
eduhistoris.usi@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Simalungun Jl. Sisingamangaraja Pematangsiantar
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Nagur
Published by Universitas Simalungun
ISSN : -     EISSN : 26204878     DOI : https://doi.org/10.36985
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Nagur adalah Jurnal yang diterbitkan secara online (e-ISSN: 2620-4878) oleh Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun. Jurnal Nagur terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Mei dan November. Jurnal Nagur merupakan media untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan penerapannya di bidang Pendidikan dan penelitian sejarah serta ilmu yang relevan. Penerbitan artikel mengalami proses reviewer
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 28 Documents
Sejarah Perkembangan Desa Palipi Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir Tahun 1993 - 2023 Sinaga, Pintaria Sisilia; Hasugian, Jalatua H; Asnewastri, Asnewastri
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 1 No 1 (2023): Vol 1 No. 1 Mei 2023
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/k4w1bb13

Abstract

Berdasarkan latar belakang Desa  Palipi merupakan suatu wilayah adat yang dinaungi oleh Raja Bius Siopat Tali yaitu Marga Sinaga, Marga Situmorang, Marga Pandiangan dan Marga Nainggolan. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui sejarah terbentuknya Desa Palipi, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir dan Untuk mengetahui proses perkembangan Desa Palipi, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.  Hasil penelitian ini adalah Desa Palipi adalah  salah satu desa yang berada di Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir yang merupakan penggabungan dari dua desa yaitu Desa Sitohang Parhorasan dan Desa Palipi yang digabungkan pada tahun 1993 yang pada waktu itu oleh Gubernur Sumatra Utara Rajainal Siregar dengan program ma. Desa Palipi merupakan suatu wilayah adat yang dinaungi oleh Raja Bius Siopat Tali yaitu margas sinaga, marga situmorang, marga pandiangan, dan marga nainggolan. Perkembangan adat istiadat ada kalanya  mengalami perubahan. Sebagian besar penduduk Desa Palipi menganut suku batak toba dan menganut agama kristen protestan, katolik dan beberapa orang menganut agama islam. Agama kristen proteatan dan katolik mendominasi kenyakinan penduduk Desa Palipi. Perkembangan adat istiadat ada kalanya  mengalami perubahan. Sebagian besar penduduk Desa Palipi menganut suku batak toba dan menganut agama kristen protestan, katolik dan beberapa orang menganut agama islam. Agama kristen proteatan dan katolik mendominasi kenyakinan penduduk Desa Palipi. 
Tinjauan Historis Penggunaan Gotong Dan Bulang Pada Masyarakat Simalungun Damanik, Tresia Trinita; Corry, Corry; Napitu, Ulung
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 1 No 1 (2023): Vol 1 No. 1 Mei 2023
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/b91w5q15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah penggunaan gootong dan bulang serta mengetahui apa makna dan fungsi penggunaannya pada masyarakat Simalungun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah serta pendekatan antropologi budaya. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti menggunnakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu awalnya gotong adalah penutup kepala laki-laki yang menggunakan hiou ragi panei, namun setelah raja Jawa memberikan hadiah kain batik sebagai simbol kerjasama dengan raja Simalungun sehingga kain batik digunakan  sebagai bahan dasar pembuatan gotong. Bulang dulunya digunakan kaum perempuan untuk seharihari. Pada masa kerajaan bulang terdiri dari bulang partongah (yang digunakan kaum bangsawan) dan bulang  paruma (yang digunakan masyarakat biasa) Gotong terdiri dari 4 jenis yaitu gotong horja, gotong pandihar, gotong tikkal/porsa dan gotong pottik sama dengan bulang yang terbagi menjadi bulang sulappei, bulang teget, bulang hurbu dan bulang gijang. Makna penggunaan gotong dan bulang yaitu sebagai identitas dan warisan budaya serta sebagai status sosial bagi masyarakat Simalungun. Fungsi penggunaan gotong dan bulang dapat dilihat berdasarkan waktu penggunaannya pada pernikahan gotong dan bulang berfungsi sebagai simbol kedewasaan, pada acara kematian berfungsi sebagai simbol ketulusan dan keikhlasan, pada acara patappei sihilap berfungsi untuk melambangkan bahwa seseorang itu akan menjadi seorang pemimpin dan pada saat siluah kehormatan gotong dan bulang berfungsi untuk melambangkan bahwa seseorang itu telah masuk ke wilayah Simalungun dan sebagai bentuk ucapan bahwa kita menerima mereka denngan hormat dan senang hati
Fungsi Dan Makna Hiou Pada Acara Pernikahan Adat Simalungun Di Nagori Negeri Dolog Kecamatan Silou Kahean Kabupaten Simalungun Saragih, Itawari; Saragih, Hisarma; Arent, Ease
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 NO. 2 Nov 2023
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/gfyb5e16

Abstract

Fungsi Dan Makna Hiou Pada Acara Pernikahan Adat Simalungun Di Nagori Negeri Dolok Kecamatan Silou Kahean Kabupaten Simalungun, Skripsi, Jurusan Pendidikan IPS Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun. Hiou adalah sejenis pakaian seni yang terbuat dari potongan kain khas Batak, memiliki corak dan dimensi tertentu, dan berfungsi sebagai pelindungan bagi tubuh. hiou mulai dikenal bersamaan dengan masuknya alat tenun di Indonesia dari Indonesia. Hal ini mengindikasikan bahwa sebelum adanya alat tenun, masyarakat Batak. Nama hiou Batak merujuk pada ukuran besaran hiou, serta teknik pembuatan dan pengecetan hiasan pada hiou. Masalah utama dalam penelitian adalah apa itu fungsi dan makna hiou dalam konteks pernikahan adat Simalungun di Nagori Negeri Dolog Kecamatan Silou Kahean Kabupaten Simalungun dengan mengetahui fungsi dan makna hiou dalam konteks pernikahan adat Simalungun di Nagori Negeri Dolog Kecamatan Silou Kahean Kabupaten Simalungun. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatatan studi kasus. Studi kasus yang merupakan bagian dari metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu secara lebih mendalam dengan melibatkan pengumpulan beraneka sumber informasi. Creswell mendefinisikan studi kasus sebagai suatu eksplorasi dari sistem-sistem terkait atau kasus. Suatu kasus menarik untuk diteliti karena corak khas kasus tesebut yang memiliki arti pada orang lain, minimal bagi peneliti. Menurut Patton, studi kasus adalah studi tentang kekhususan dan kompleksitas suatu kasus tunggal dan berusaha untuk mengerti kasus tersebut dalam konteks, situasi dan waktu tertentu. Ditambahkannya juga bahwa studi kasus ini dilakukan karena kasus tersebut begitu unik, penting, bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat pada umumnya. Berdasarkan hasil penelitian fungsi dan makna hiou yang di pakai si pengantin di adat pernikahan itu bahwa si pengantin sudah menjadi orang tua tidak menjadi pemuda lagi, dan menjadi lebih dewasa, dari cara berbicara, dan tingkah lakunya, bahwa sudah di dewasakan setelah di pakaikan hiou adat Simalungun. Hiou Simalungun melambangkan sebuah ikatan kasih sayang antara seseorang dengan orang yang lainnya. Manghioui (memberikan hiou) melambangkan pemberian kehangatan dan kasih sayang kepada penerima hiou. Dalam kepercayaan orang Batak, jiwa (tondi) pun perlu di hioui, sehingga kaum lelaki yang berjiwa keras mempunyai sifat kesejahteraan
The Influence Of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model On Learning Motivation At SMP Swasta Muhammadiyah 55 Kandangan Purba, Agus Flori Devi; Ginting, Andres M; Hutauruk, Ahmad Fakhri; Chandra, Satria
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 1 No 2 (2023): Vol 1 NO. 2 Nov 2023
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/7sfgx362

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu bentuk analisis terhadap model pembelajaran PBL yang diterapkan pada saat proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangatlah penting dilakukan, karena hal tersebut merupakan salah satu factor yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi adalah pendorong suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia menjadi tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Seperti halnya proses pembelajaran di SMPS Muhammadiyah 55 Kandangan yang menggunakan ceramah hasilnya masih kurang efektif, hal tersebut dilihat ketika observasi pada proses kegiatan belajar mengajar dikelas.Penelitian ini berfokus untuk mengetahui penerapan serta pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar Belajar di SMP Swata Muhammadiyah 55 Kandangan. Oleh karena itu peneliti menyusun pertanyaan yang akan dijawab, yaitu: bgaimana penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMPS Muhammadiyah 55 Kandangan dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar Belajar di SMP Swata Muhammadiyah 55 Kandangan.?Jenis penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di SMPS Muhammadiyah 55 Kandangan, dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 53 siswa. Metode penelitian survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.Hasil pengujian data yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 29 mendapatkan hasil thitung 4,192 dan ttabel sebesar 2,068.Dari pernyataan tersebut dapat dilihat bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel ) atau jika dilihat dari sisi sig.2 tailed yaitu memperoleh hasil 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dimana terdapat pengaruh yang  signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar IPS Siswa di SMP Swasta Muhammadiyah 55 Kandangan.
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Palipi T.A 2023/2024 Mutiara Putri Sihombing; Saragih, Hisarma; Andres M. Ginting; Satria
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2024): Vol 2 No. 1 Mei 2024
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/epw7sd53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Palipi T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen posttest-pretest dengan desain dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP N I Palipi pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Banyaknya siswa pada setiap kelas adalah 31. Dari hasil uji hipotesis (uji dua sisi) pada taraf signifikansi α = 0,05 diketahui bahwa kedua sampel mempunyai probabilitas awal yang sama. Kemudian setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Discovery learning dan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, diperoleh hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 71,45 dengan standar deviasi 10,74 dan nilai rata-rata 10,74. Rata-rata nilai postes kelas kontrol sebesar 64,68 dengan standar deviasi sebesar 13,16. Hasil pengujian hipotesis melalui uji t tunggal menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran penemuan mempunyai dampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang diajar. 
Pengaruh Penggunaan QUIZIZZ Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Semester Genap DI MTs. Mesra Pematangsiantar T.A 2023/2024 Nazila Pradita; Ulung Napitu; Jalatua H. Hasugian
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2024): Vol 2 No. 1 Mei 2024
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/718v3v79

Abstract

Quizizz adalah salah satu aplikasi berbasis permainan yang menarik dan dapat dijadikan sebagai alat atau media pembelajaran yang interaktif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan fitur-fitur yang menarik. Dan dengan adanya kemudahan dalam mengakses aplikasi quizizz ini membuat peserta didik menjadi lebih menyenangkan dalam proses pembelajaran. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS semester genap di MTs. Mesra Pematangsiantar. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS semester genap di MTs. Mesra Pematangsiantar. Metode Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan jenis Two Group Pre-test and Post-test Design yaitu sebuah metode penelitian yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berfungsi untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPS peseta didik. Dimana kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan quizizz sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran yang konvensional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang, dimana kelas eksperimen (VIII-1) berjumlah 19, dan kelas kontrol (VIII-3) berjumlah 19. Dengan jumlah populasi sebanyak 255 orang. Penelitian ini dilakukan selama 7 kali petemuan di masing-masing kelompok kelas. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan menggunakan uji t (regresi linier sederhana) diperoleh thitung sebesar 4,518. Jika dibandingkan maka thitung >  ttabel atau 4,518 > 1,734, kemudian dapat dilihat dari taraf signifikan α sebesar 0,000, sehingg dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05) hal ini menunjukkan bahwa  
Eksistensi Mangokkal Holi Dalam Penguatan Identitas Budaya Masyarakat Suku Batak Toba Di Desa Palipi Octaviana Patrisia Sitohang; Jalatua H. Hasugian; Asnewastri; Satria
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2024): Vol 2 No. 1 Mei 2024
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/t1w2n087

Abstract

Mangokkal Holi. Upacara Ritual Ulaon Mangokkal Holi merupakan tradisi membongkar kembali tulang benulang orang tua atau leluhur yang sudah meninggal dengan cara meninggikan atau memindahkan tulang benulang leluhur dari taah ketempat yang lebih layak yang dikenal dengan istilah batu navir atau tugu marga yang terbuat dari semen. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah sejarah dan pelaksanaan prosesi upacara ritual ulaon mangokkal holi dalam penguatan identitas budaya masyarakat suku batak toba di desa palipi. Metode penelitian yang digunakan adalah Heuristik dengan pendekatan antropologi budaya untuk mempelajari dan memahami budaya manusia. Ini melibatkan pemahaman tentang nilai, norma, praktik, dan pola-pola dalam kehidupan manusia, serta hubungannya dengan konteks sosial, sejarah, dan lingkungan. Sehingga seluruh keluarga yang diperantauan mencari dan pulang ketanah kelahirannya dan berencana untuk mengadakan tradisi ini supaya mereka saling mengenal baik keluarga maupun satu marga (dongan tubu). Dengan melakukan tradisi upacara ritual ulaon mangongkal holi pada masyarakat didesa palipi dapat membangun tugu yang begitu besar dan megah yang menunjukkan keturunannya benar-benar diberkati dan mendapatkan kekayaan yang berlimpah. 
Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kelas X DI SMK Alwasliyah Dolok Ulu Tahun Ajaran 2023/2024 Nadillah Amanda; Andres M. Ginting; Asnewastri; Satria
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2024): Vol 2 No. 1 Mei 2024
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/kj9jaa57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Sejarah peserta didik kelas X SMK Al Washliyah Dolok Ulu.  Terdapat 2 hipotesis dalam penelitian ini yaitu, (1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Sejarah peserta didik kelas X SMK Alwashliyah Dolok Ulu (H1) dan (2) tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Sejarah peserta didik kelas X SMK Al Washliyah Dolok Ulu (H0). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian pre-exsperimental design dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes dan dokumentasi, data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Berdasarkan hasil analisis data uji T yang dilakukan diketahui bahwa hasil thitung  sebesar 10,4sedangkan ttabel 1,714 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka dari dikatakan bahwa thitung> ttabel. Berdasarkan hasil analisis data yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Sejarah peserta didik kelas X SMK Al Washliyah Dolok Ulu. Ini berarti H1 diterima dan H0 ditolak
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Di Kelas VIII-6 MTS Mesra Pematangsiantar T.A 2023/2024 Syifa Salsa Bila; Ahmad Fakhri Hutauruk; Asnewastri; Satria
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 2 No 1 (2024): Vol 2 No. 1 Mei 2024
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/3nagm519

Abstract

Model pembelajaran Problem  Based  Learning  dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah.  Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat  pengaruh model pembelajaran  Problem Based Learning  terhadap hasil belajar IPS peserta didik di kelas VIII-6 MTs Mesra Pematangsiantar. Dengan tujuan untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS peserta didik di kelas VIII-6 MTs Mesra Pematangsiantar. Metode penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan jenis One-Group Pre-Test-Post-Test Design yaitu sebuah metode penelitian yang hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas sebagai pembanding (kelas kontrol) yang berfungsi untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar sejarah siswa penerapan model Pembelajaran  Problem Based Learning pada peserta didik  kelas  VIII-6 MTs Mesra Pematangsiantar. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh  dengan menggunakan uji normalitas Shapiro-wilk  dengan menggunakan taraf signifikan 0,05. Didapatkan sebesar 0,120 maka dikatakan berdistribusi normal karena 0,120 ˃ 0,05. Didukung dengan hasil pengujian normalitas yaitu membandingkan Lhitung < Ltabel . Lhitung sebesar 0,136 dan terdapat Ltabel sebesar 0,155. Maka dapat disimpulkan bahwa data berdistibusi normal yaitu 0,136 <  0,155. Selanjutnya hasil uji hipotesis Uji-t terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (model pembelajaran Problem Based Learning) terhadap variabel terikat (hasil belajar IPS). Hal ini terbukti bahwa  t hitung  >  t tabel  atau 20.681 > 1,697 pada taraf sifnifikan. Dengan demikian  
Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI 6 Di SMA Swasta Kartika 1-4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2024/2025 Elsi Veronika Purba; Satria; Andres M. Ginting; Asnewastri; Eric Sapetra Siburian
Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora dan Ilmu Sosial Vol 2 No 2 (2024): Vol 2 No. 2 Nov 2024
Publisher : Prodi Pendidikan Sejarah FKIP USI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36985/kqkqq710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa di kelas XI 6 di SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI 6 yang berjumlah 47 siswa. Pengambilan sampel menggunakan boring sampling dan sampel sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-eksperimental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching termasuk kategori baik dengan rata-rata 78,93. Pengujian normalitas diperoleh nilai signifikansi hasil belajar adalah Lhitung < Ltabel yaitu0,154>0,16. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansi dari hasil belajar berdistribusi normal. Pada pengujian korelasi, nilai koefisien sebesar 0,846 dengan rhitung>rtabel yaitu 0,846 > 0,361 maka terdapat pengaruh yang tinggi antara model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi-materi ilmu sosial kelas XI 6. Hasil pengujian hipotesis uji-t dimana thitung>ttabel yaitu 8,391>2,052 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari pengaruh model pembelajaran reiprocal teaching terhadap hasil belajar siswa di kelas XI 6 SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2024/2025. 

Page 1 of 3 | Total Record : 28