Pendidikan seharusnya tidak hanya terfokus pada aspek akademis, tetapi juga memperhatikan kesehatan mental siswa. Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kesehatan mental sangat krusial untuk membangun suasana yang aman, nyaman, dan inklusif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan emotional dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara dalam membangun lingkungan belajar yang mendukung kesehatan mental siswa di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi elemen-elemen penting yang berkontribusi dalam menciptakan lingkungan tersebut, termasuk peran guru, kebijakan sekolah, dan interaksi sosial antar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengembangan program pendidikan sosial-emosional, pelatihan bagi pendidik untuk mengenali gejala gangguan kesehatan mental, serta penyediaan ruang aman bagi siswa untuk mengekspresikan diri adalah faktor-faktor penting yang dapat meningkatkan kesejahteraan mental siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam merancang kebijakan yang lebih responsif terhadap kebutuhan kesehatan mental siswa, serta menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan psikologis mereka.
Copyrights © 2024