Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi
Vol. 4 No. 2 (2025)

Pengenalan Berpikir Komputasional Melalui Tantangan Bebras 2024: Studi Implementasi di Bandung Raya

Rachmawati, Ema (Unknown)
Ciptasari, Rimba Whidiana (Unknown)
Ningsih, Lidya (Unknown)
Firdaus, Fauzan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2025

Abstract

Peningkatan kemampuan berpikir komputasional di kalangan pelajar menjadi penting di era digital, terutama untuk mempersiapkan mereka menghadapi tantangan teknologi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui workshop Tantangan Bebras 2024 yang bertujuan untuk mengenalkan konsep Berpikir Komputasional (BK) kepada siswa di jenjang SD, SMP, dan SMA. Kegiatan ini mencakup pelatihan soal-soal interaktif, penerapan strategi pemecahan masalah, dan simulasi Tantangan Bebras secara daring. Dengan melibatkan 814 peserta, program ini dirancang untuk meningkatkan minat siswa dalam STEM dan mempersiapkan mereka menghadapi Tantangan Bebras 2024. Metode pelaksanaan meliputi koordinasi dengan mitra, pengelolaan data peserta, dan simulasi melalui Learning Management System (LMS). Hasilnya menunjukkan partisipasi aktif siswa dan peningkatan pemahaman mereka terhadap BK. Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi di Indonesia. Kata kunci: Berpikir Komputasional; Tantangan Bebras; STEM; Pendidikan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPMA

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Focus Jurnal Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk menyediakan wadah bagi peneliti Nasional di bidang Bisnis dan Teknologi Terapan untuk mempublikasikan artikel asli dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Scope Ruang lingkup Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah Bisnis dan Teknologi. Jurnal ini ...