Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 9 No. 1 (2025): DIDAKTIKA BIOLOGI

PENGARUH DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Reski, Fiska Indah (Unknown)
Asrar, Muh (Unknown)
Adnan, Adnan (Unknown)
Cece, Muh. Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran abad-21 tidak hanya berfokus pada penguasaan konsep, namun lebih pada penumbuhan kecakapan-kecakapan yang dibutuhkan pada Peserta didik. Harapan tersebut masih terus diupayakan melalui pembiasaan peserta didik mengkonstruksi pemahamannya secara mandiri melalui kegiatan penemuan pada proses pembelajaran, salah satu praktik yang dapat dilihat pengaruhnya dengan penerapan model Discovery learning dengan memperhitungkan kebutuhan dari target belajar dengan pendekatan berdiferensiasi pada pembelajaran biologi. Penelitian ini ditujukan guna mengetahui pengaruh Discovery learning dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 9 Makassar. enelitian ini berjenis Quasi experiment dengan bentuk Pretest-postest control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan rata-rata skor pretest dan posttest yang diperoleh kedua kelompok, melalui uji inferensial dengan memperhatikan presentase perbandingan rerata nilai hasil belajar pada kedua kelompok tersebut pada uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,0. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan Discovery Learning dengan pendekatan berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa SMA kelas X.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...