Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 1 No. 1 (2018): December 2018

Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini

JR, Ricci Rahmatillah (Unknown)
Luthfi, Amir (Unknown)
Fauziddin, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Kampung Godang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak. Metode penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan jenis One-Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian ini  adalah 15 anak (7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan statistik dengan uji t-test dengan program SPPS 16.0. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan teknik Independent T-test, diperoleh thitung sebesar 0,000 pada taraf signifikansi  < 0.050. Dengan demikian H0  ditolak dan Ha diterima karena 0.000 < 0.05. Hal ini membuktikan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan menyimak anak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...