Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media pembelajaran MOKA (Monopoli Angka) dalam merangsang kemampuan numerasi anak usia dini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan melibatkan 10 anak di TK Mandiri PKK Sibualong yang telah mengikuti pembelajaran menggunakan media MOKA. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan MOKA efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi anak-anak. Peningkatan yang signifikan terlihat dalam pengenalan lambang angka, pemahaman konsep angka, serta kepatuhan terhadap aturan permainan selama tiga hari observasi. Selain itu, permainan MOKA juga berkontribusi dalam mengajarkan kerjasama, kesabaran menunggu giliran, serta kedisiplinan dalam mengikuti aturan. Dengan demikian, permainan MOKA dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk merangsang perkembangan numerasi anak usia dini, memperdalam pemahaman konsep angka, serta meningkatkan interaksi sosial mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025