Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT)
Vol 7 No 1 (2025): Edisi Maret

Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan PECS-PB Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru-Guru TK Tarbiyatul Athfal 03 Pengkol

Aliva Rosdiana (Unknown)
Amalia, Dina (Unknown)
Attalina, Syailin Nichla Choirin (Unknown)
Awan, Amna Falak (Unknown)
Awaliyah, Siti Nur Intan (Unknown)
Danadyaksa, Laela Sitarusmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Picture Exchange Communication System Phonic Board (PECS-PB) adalah media interaktif pembelajaran Bahasa Inggris yang dirancang bagi guru-guru di TK Tarbiyatul Athfal 03 Pengkol Jepara. Media ini dilengkapi gambar phonic flash card dengan papan magnet untuk memudahkan para siswa menyusun kata menjadi kalimat. PECS-PB berbasis digital ini dilengkapi QR-Code yang memudahkan siswa menerapkan pelafalan kata dalam Bahasa Inggris secara tepat. Tujuan PkM ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan bagi guru TK Tarbiyatul Athfal 03 Pengkol Jepara untuk membuat PECS-PB sebagai media interaktif berbasis Augmented Reality (AR). Metode yang digunakan adalah kerjasama kemitraan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pembuatan media interaktif PECS-PB melalui tahapan sosialisasi, pelatihan, pembuatan, pendampingan, dan evaluasi. Solusi dan target pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kreativitas guru membuat media interaktif melalui pembuatan PECS-PB berbasis AR. Hasil pengabdian ini diperoleh bahwa 1) sebanyak 35 guru terlibat dalam pembuatan PECS-PB berbasis AR, 2) peningkatan 85% dari 35 guru terbantu dalam praktik penerapan PECS-PB; 15% dari 35 guru menganggap media ini mudah digunakan dalam pembelajaran dan 75% dari 35 guru mengatakan media PECS-PB sangat mudah diterapkan dalam pembelajaran; dan 40% dari 35 guru menyatakan PECS-PB cocok diterapkan untuk kelompok usia pra-sekolah atau taman kanak-kanak (TK). Sementara itu, hasil evaluasi peserta didik melalui wawancara membuktikan efektivitas media PECS-PB dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris ditunjukkan bahwa lebih dari 80% anak menikmati pengalaman belajar dengan media PECS-PB dan 100% anak ingin kembali belajar dengan media PECS-PB.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KUAT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT) dengan P-ISSN 2684-8120, e-ISSN 2686-1143 merupakan jurnal nasional yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan November oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Keuangan Negara STAN. Jumlah artikel dalam jurnal ini ...