Minat belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat minat belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Pare dalam mengikuti pembelajaran PJOK serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih secara acak dari populasi 300 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki minat tinggi terhadap PJOK (87%) karena mereka menyukai materi yang diajarkan, metode pengajaran yang menarik, dan dukungan orang tua. Namun, terdapat beberapa faktor yang menghambat partisipasi siswa, seperti kelelahan fisik (53%), pengaruh teman sebaya (40%), keterbatasan sarana dan prasarana (37%), serta kondisi cuaca yang kurang mendukung (67%). Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran inovatif serta dukungan dari sekolah dan keluarga untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif. Dengan pendekatan yang tepat, pembelajaran PJOK dapat lebih optimal dalam meningkatkan keterampilan fisik, kebugaran jasmani, dan karakter siswa
Copyrights © 2025