Penelitian naratif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman guru matematika dalam menggunakan platform Guru Belajar. Responden penelitian ini adalah 7 orang guru matematika yang sering menggunakan Guru Belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni hingga Agustus 2023 dengan menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur. Teknik analisis data terdiri dari kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika menganggap Guru Belajar sebagai platform untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran. Manfaat menggunakan Guru Belajar menurut para guru matematika adalah fleksibilitas, kualitas pelatihan, dan kredibilitas pelatihan atau materi. Kekurangan Guru Belajar yang disampaikan oleh para guru bervariasi, mulai dari peluang untuk menyontek hingga kurangnya sosialisasi. Saran yang diberikan oleh para guru berkisar dari perlunya tim monitoring dan evaluasi hingga mengoptimalkan fitur-fiturnya. Terkait implementasi hasil pembelajaran guru di Guru Belajar, mereka tidak serta merta menerapkannya di kelas. Mereka menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa. Hasil implementasi di kelas menunjukkan banyak perubahan seperti peningkatan motivasi.
Copyrights © 2025