Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi

Penerapan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo

Nadia, Nadia (Unknown)
Syamsuddin, Naidin (Unknown)
Rahmadani, Ervi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Hal ini menyebabkan penurunan antusiasme belajar siswa karena mereka merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan perencanaan Kemmis dan McTaggart digunakan dalam penelitian ini bersama dengan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yang harus diselesaikan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada tahun ajaran 2024-2025. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar antara siklus I dan II, yang meningkat sebesar 43% dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 62,5% menjadi 91,66%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...