IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 3 (2025)

Implementasi Pendekatan Kelompok dalam Manajemen Kelas Di SD Negeri 34 Lubuk Saung Kecamatan Banyuasin III

Mahalita, Fenda Resi (Unknown)
Saputra, Ade Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Pendekatan kelompok (Group Approach) merupakan pendekatan yang mengutamakan pengaturan dan pengoptimalan interaksi antar peserta didik dalam suatu kegiatan kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa di semua mata pelajaran. Penelitian ini mengkaji Implementasi pendekatan kelompok dalam manajemen kelas serta dampaknya terhadap suasana pembelajaran matematika siswa kelas IV. Metode yang dilakukan pada pengambilan data penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik Miles dan Huberman yaitu reduction (reduksi data), display (penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menjelaskan bahwa dari penerapkan pendekatan kelompok pada proses pembelajaran memang memiliki dampak positif dan negatifnya. Dampak postif yang diperoleh yaitu, siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa lebih berminat dan semangat belajar dengan teman satu mejanya. Sedangkan dampak negatifnya yaitu, terkadang sebagian siswa menjadi sibuk sendiri dan justru bermain bersama teman satu mejanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...