Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP)
Vol 12 No 1 (2025): APRIL 2025

Pengembangan Monopoli Berbantuan Teknologi QR Code Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Keanekaragaman Hayati Indonesia di SMP Negeri 27 Medan

Hasibuan, Ali Ahmatul Umri (Unknown)
Khairiza Lubis (Unknown)
Masdiana Sinambela (Unknown)
Wina Dyah Puspita Sari (Unknown)
Widia Ningsih (Unknown)
Koriatul Jannah Siregar (Unknown)
Al-Murizka Annisa (Unknown)
Sunita Karin Purba (Unknown)
Ghania Dhia Ulhaq Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan monopoli berbantuan teknologi QR Code sebagai media pembelajaran IPA pada topik keanekaragaman hayati Indonesia. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 27 Medan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yang mencakup tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media monopoli ini divalidasi berdasarkan tiga aspek: materi, media, dan asesmen. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 85,38% (sangat layak), ahli media memperoleh skor 91,54% (sangat layak), dan ahli asesmen memperoleh skor 93,3% (sangat layak), dengan rata-rata keseluruhan validasi sebesar 90,74%. Respons guru menunjukkan skor tertinggi pada aspek visual (93,75%), sedangkan respons siswa menunjukkan skor kelayakan keseluruhan sebesar 91,13%, dengan aspek keterarikan memperoleh skor tertinggi sebesar 93,12%.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

biologi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Health Professions Immunology & microbiology

Description

Jurnal Biologi dan Pembelajarannya is a blind peer-review published by Research Institutions and Community Services, University of Nusantara PGRI Kediri and the media for researchers and lecturers who will publish the results of their research. The aim of the Journal is to facilitate scientific ...