Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan monopoli berbantuan teknologi QR Code sebagai media pembelajaran IPA pada topik keanekaragaman hayati Indonesia. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 27 Medan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE, yang mencakup tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media monopoli ini divalidasi berdasarkan tiga aspek: materi, media, dan asesmen. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 85,38% (sangat layak), ahli media memperoleh skor 91,54% (sangat layak), dan ahli asesmen memperoleh skor 93,3% (sangat layak), dengan rata-rata keseluruhan validasi sebesar 90,74%. Respons guru menunjukkan skor tertinggi pada aspek visual (93,75%), sedangkan respons siswa menunjukkan skor kelayakan keseluruhan sebesar 91,13%, dengan aspek keterarikan memperoleh skor tertinggi sebesar 93,12%.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025