Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program magang dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa di MI Al-Madaniyah Jempong Mataram. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang mengikuti program magang bahasa Arab, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan bahasa Arab (pretest dan posttest) serta observasi selama program magang berlangsung. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan untuk mengukur signifikansi peningkatan kemampuan bahasa Arab siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan bahasa Arab siswa setelah mengikuti program magang, dengan taraf signifikan yang menunjukkan efektivitas program dalam kategori tinggi. Penelitian menyimpulkan bahwa program magang efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa MI Al-Madaniyah Jempong Mataram, terutama dalam aspek keterampilan berbicara dan pemahaman kosakata.
Copyrights © 2025