Comm-Edu (Community Education Journal)
Vol. 8 No. 1 (2025): Januari 2025

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS DIGITAL UNTUK PEMBERDAYAAN PEMUDA DI KARANG TARUNA DESA MARGASARI KABUPATEN KARAWANG

Nurpauzi, Ahmad (Unknown)
Hidayat, Dayat (Unknown)
Meilya, Ika Rizqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital Untuk Pemberdayaan Pemuda Di Karang taruna Desa Margasari Kabupaten Karawang. Bertujuan untuk mendeskripsikan proses, faktor pendukung, faktor penghambat pelatihan kewirausahaan berbasis digital pada Karang Taruna desa Margasari Kabupaten Karawang. Menurut Sudjana (2007) dilihat dari titik berat orientasi programnya, pelatihan dapat dibagi menjadi tiga kategori. “Pertama, pelatihan yang berorientasi kepada kepentingan lembaga penyelenggara pelatihan. Kedua, pelatihan yang dilaksanakan dengan orientasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan menjadi layanan suatu lembaga. Ketiga, pelatihan yang dilaksanakan dengan berorientasi untuk memenuhi kebutuhan individu, lembaga atau komunitas tertentu”. Pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian seorang ketua lembaga, instruktur, dan peserta pelatihan kewirausahaan berbasis digital yang diselenggarakan oleh Karang Taruna desa Margasari kabupaten Karawang. Analisa penelitian yang diperoleh yaitu mengenai proses pelaksanaan pelatihan kewirausahaan berbasis digital untuk pemberdayaan pemuda di Karang Taruna desa Margasari, faktor pendukung peserta mengikuti pelatihan kewirausahaan, faktor penghambat pelaksanaan dan peserta pelatihan kewirausahaan berbasis digital, serta hasil pelatihan kewirausahaan berbasis digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

comm-edu

Publisher

Subject

Education

Description

Comm-Edu Journal publishes original research or theoretical papers about : 1. non formal education 2. community education 3. community development 4. training and course 5. informal education 6. social communication to support community learning ...