Abstrak: Pembelajaran berbasis argumentasi terintegrasi kearifan lokal dapat mendorong siswa menggunakan teori, data, dan fakta untuk mendukung klaim terkait kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Generate Argument terintegrasi tradisi Batimung terhadap keterampilan argumentasi siswa pada materi Termokimia di MAN 1 Samarinda Plus Keterampilan dan Riset. Metode penelitian menggunakan quasi-experimental dengan desain non-equivalent control group design. Sampel melibatkan dua kelas XI, yaitu MIPA 1 dan MIPA 2, dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian mencakup pretest-posttest untuk nilai keterampilan argumentasi, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta angket respon siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, mengindikasikan pengaruh signifikan penerapan model ini terhadap keterampilan argumentasi siswa. Observasi aktivitas siswa berada dalam kategori sangat baik, dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran mencapai 75,2% (kategori sangat baik). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Generate Argument berbasis tradisi Batimung berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan argumentasi siswa pada materi Termokimia.Abstract:  Argument-based learning integrated with local wisdom can encourage students to use theories, data, and facts to support claims related to everyday life. This study aims to determine the implementation of the Generate Argument model integrated with the Batimung tradition on students' argumentation skills on Thermochemistry material at MAN 1 Samarinda Plus Skills and Research. The research method used quasi-experimental with non-equivalent control group design. The sample involved two XI classes, namely MIPA 1 and MIPA 2, with a saturated sampling technique. The research instruments included pretest-posttest for argumentation skill scores, teacher and student activity observation sheets, and student response questionnaires. The t-test results showed a significance value of 0.000 <0.05, indicating a significant effect of applying this model on students' argumentation skills. Observations of student activity were in the very good category, and the average student response to learning reached 75.2% (very good category). These findings indicate that the application of the Generate Argument model based on the Batimung tradition has an effect in improving students' argumentation skills on Thermochemistry material.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025