Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa
Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

PERAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SD INPRES PERUMNAS ANTANG III

Goin, Etti Selpiana (Unknown)
Fitriana HS, Eka (Unknown)
Satriawati, Satriawati (Unknown)
Alam, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan Media Audio Visual Berbasis Etnosains pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Antang III. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, dan dokumentasi dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 2,0 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 2,8 dengan kategori baik, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,0 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 3,5 dengan kategori baik. Hasil minat belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan minat belajar pada siklus I dan minat belajar pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai indikator keberhasilan. Kata kunci: Media audio visual, etnosains, minat belajar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPDP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal pendidikan dasar perkhasa merupakan jurnal penelitian bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali setahun yakni bulan April dan ...