. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan Media Audio Visual Berbasis Etnosains pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Antang III. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, dan dokumentasi dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 2,0 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 2,8 dengan kategori baik, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,0 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 3,5 dengan kategori baik. Hasil minat belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan minat belajar pada siklus I dan minat belajar pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai indikator keberhasilan. Kata kunci: Media audio visual, etnosains, minat belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025