Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK)
Vol. 5 No. 2 (2023): Desember

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAKNA HARI RAYA AGAMA BUDDHA MELALUI LAGU BUDDHIS DI SMB VIHARA SAMAGGI VIRIYA

Mardi, Mardi (Unknown)
Lestari, Dhammanandinī Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman makna Hari Raya Agama Buddha pada peserta didik di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Samaggi Viriya dengan menggunakan lagu Buddhis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan beberapa tahapan antara lain:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tingkat menengah atau setara dengan Sekolah Dasar (SD) kelas 3 sampai kelas 6 di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Samaggi Viriya yang berjumlah 8 peserta didik, pada siklus I tingkat interprestasi sangat baik (A) lebih banyak atau sekitar 75%, kemudian tingkat interprestasi baik (B) 12,5%, dan tingkat interprestasi cukup (C) 12,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 100%., sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu sebagai sarana belajar memiliki manfaat yang tak ternilai, untuk mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal "Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer" merupakan media akademik yang dirancang untuk menghubungkan nilai-nilai ajaran Buddha dengan tantangan dan realitas sosial masa kini. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah diskusi, eksplorasi, dan inovasi yang memperkaya perspektif keilmuan ...