Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman makna Hari Raya Agama Buddha pada peserta didik di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Samaggi Viriya dengan menggunakan lagu Buddhis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan beberapa tahapan antara lain:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tingkat menengah atau setara dengan Sekolah Dasar (SD) kelas 3 sampai kelas 6 di Sekolah Minggu Buddha (SMB) Samaggi Viriya yang berjumlah 8 peserta didik, pada siklus I tingkat interprestasi sangat baik (A) lebih banyak atau sekitar 75%, kemudian tingkat interprestasi baik (B) 12,5%, dan tingkat interprestasi cukup (C) 12,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 100%., sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan lagu sebagai sarana belajar memiliki manfaat yang tak ternilai, untuk mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang optimal.
Copyrights © 2023