Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis flipbook digital yang berfokus pada materi mocktail untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada tahap Define, dilakukan analisis kebutuhan melalui wawancara dan studi literatur untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan mahasiswa. Tahap Design melibatkan pembuatan perangkat perencanaan media seperti GBIM, Jabaran Materi, dan storyboard yang divalidasi oleh ahli. Pada tahap Develop, materi dikompilasi dan diintegrasikan ke dalam flipbook digital menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine, lengkap dengan teks, gambar, video, dan tautan interaktif. Validasi oleh ahli materi, bahasa, dan media menunjukkan bahwa flipbook ini sangat layak digunakan. Tahap Disseminate melibatkan pengujian kepada mahasiswa melalui uji coba one-to-one, small group, dan field test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipbook digital materi mocktail telah divalidasi ahli dengan hasil nilai 95% dari ahli materi, nilai 87,5% dari ahli bahasa, dan nilai 95% dari ahli media. Kemudian mendapatkan respon yang sangat positif dari mahasiswa dengan skor validasi 95% pada uji one-to-one, 90% pada uji small group, dan 94% pada field test. Respon mahasiswa menunjukkan tingkat kepuasan dan ketertarikan yang sangat tinggi terhadap media ini. Dengan demikian, flipbook digital materi mocktail ini sangat layak digunakan digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025