Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 2 (2025): At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Strategi Pbl Terintegrasi Tpack Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa

Rosalina, Devi (Unknown)
Jasiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan tingkat tinggi siswa. Dengan menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari tahapan Pendefinisian, Perencanaan, Pengembangan, dan Penyebaran, penelitian ini menghasilkan modul ajar yang memenuhi standar kelayakan dengan nilai validasi 81%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbasis TPACK efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan bagi siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan perangkat pembelajaran ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

at

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal At-Tarbiyah diterbitkan satu kali setahun pada bulan Oktober. Isinya berupa tulisan ilmiah tentang penelitian Dosen dan Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Ilmu Keislaman yang berupa pemahaman konseptual, tinjauan pustaka, tulisan praktik, atau hasil penelitian dari berbagai sudut ...