Science Education and Development Journal Archives
Vol. 3 No. 1 (2025): Science Education and Development Journal Archives

Analisis miskonsepsi siswa SMP pada materi sistem reproduksi manusia dalam pembelajaran kurikulum merdeka

Nuraini, Yunita Zekiya (Unknown)
Islamiya, Ad Dynatul (Unknown)
Putri, Cathrine Natania (Unknown)
Safira, Ayu (Unknown)
Rohmah, Rofiqotur (Unknown)
Betthan, Novia Safitrih (Unknown)
Mu’aziyah, Siti Eneng Sururiyatul (Unknown)
Putri, Suci Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya miskonsepsi peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia, yang berpotensi menghambat pemahaman konsep lanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat miskonsepsi peserta didik kelas IX dan menganalisis faktor penyebabnya. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui tes diagnostik three-tier pada 50 peserta didik, yang mencakup lima sub konsep utama, yaitu struktur dan fungsi sistem organ reproduksi pria dan wanita, spermatogenesis dan oogenesis, gangguan dan kelainan pada sistem reproduksi manusia, hormon dan siklus menstruasi, serta fertilisasi dan kehamilan. Hasil analisis menggunakan Certainty of Response Index (CRI) menunjukkan bahwa miskonsepsi tertinggi terjadi pada sub konsep gangguan dan kelainan pada sistem reproduksi manusia (45,3%) sementara sub konsep struktur dan fungsi sistem organ reproduksi pria dan wanita memiliki tingkat miskonsepsi terendah (28%). Penyebab utama miskonsepsi adalah pemahaman yang tidak menyeluruh dan alasan yang tidak tepat dalam menjawab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis konseptual yang mendalam diperlukan untuk mengatasi miskonsepsi, sehingga pemahaman peserta didik terhadap konsep biologis dapat ditingkatkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sendja

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Neuroscience Physics

Description

FOCUS AND SCOPE Focus The focus of SENDJA is to provide scientific articles in the field of education and development of Natural Sciences which are developed through the publication of articles, research reports and book reviews. Scope SENDJA journal welcome papers from academicians on concepts, ...