Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 15 No. 1 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN CHATGPT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Jesminarti Lero Zogara (Unknown)
Sang Putu Kaler Surata (Unknown)
Anak Agung Inten Paraniti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah atau Problem-Based Learning (PBL) merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran PBL dengan ChatGPT mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena keduanya memadukan dukungan teknologi dan pemecahan masalah nyata. ChatGPT mempercepat akses informasi, memberikan umpan balik, dan memotivasi siswa, dan PBL mengajarkan keterampilan kritis, kreatif, dan kolaboratif, yang semuanya membuat pembelajaran lebih relevan dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL) dengan dukungan ChatGPT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Desain penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan pendekatan one group pre-test and post-test. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas XI SMA Saraswati 1 Denpasar yang dipilih secara purposif, yaitu berdasarkan kesesuaian kelas dan kebutuhan penelitian. Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed ranks. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (P<0,05) pada hasil belajar siswa setelah penerapan PBL berbantuan ChatGPT. Selain itu, model ini berhasil menurunkan kesenjangan hasil belajar siswa, yang tercermin dari distribusi nilai yang lebih merata pada post-test dibandingkan pre-test. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi teknologi seperti ChatGPT dalam PBL dapat menjadi alat bantu yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa sekaligus menciptakan pemerataan hasil belajar. Dengan demikian, diperlukan eksplorasi lebih lanjut terhadap implementasi ChatGPT dalam berbagai konteks pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...