Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menyesuaikan strategi pengajaran berdasarkan gaya belajar mereka. Namun, masih banyak pendidik yang belum menerapkan pendekatan ini secara optimal dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, sehingga motivasi belajar siswa belum maksimal yang mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi yang ditinjau dari gaya belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Minasa Upa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa dari kelas VB. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan statistic deskriptif, uji normalitas dan uji-t (Paired Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi. Hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 (p < 0,05), yang mengindikasikan bahwa pendekatan ini memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berkontribusi secara positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, pendekatan ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.This study aims to determine the effect of a differentiated learning approach reviewed from the learning style on students' motivation and learning outcomes in the Pancasila Education subject in grade V of SD Inpres Minasa Upa. The research method used is a quantitative method with a One-Group Pretest-Posttest Design research design, namely research on one group without a control group. The results of the study showed that there was a significant increase in students' learning motivation after the implementation of differentiated learning. Students with a kinesthetic learning style experienced the highest increase in learning motivation. The results of the hypothesis test showed a Sig. (2-tailed) value of 0.001, which indicated a significant effect of the differentiated learning approach on students' learning motivation. This study concludes that differentiated learning that is adjusted to students' learning styles can increase motivation and learning outcomes optimally. Therefore, this approach is recommended to be applied in learning to improve the effectiveness of learning at the elementary school level.
Copyrights © 2025