Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 6 No 1 (2025): EDU RESEARCH

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SDN 13 SURAU GADANG KOTA PADANG

Kurnia Hamidah (Unknown)
Atri Waldi (Unknown)
Ranti Meizatri (Unknown)
Rafhi Febryan Putera (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 13 Surau Gadang. Pada penelitian ini mennggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 13 Surau Gadang dengan jumlah 18 orang peserta didik, 8 orang laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada modul ajar siklus I dengan rata-rata 79,16% (Baik) dan siklus II 95,83 (Sangat Baik). Penilaian aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 80,35% (Baik) dan siklus II 96,42% (Sangat Baik). Penilaian aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata 76,57% (Baik) dan siklus II 92,85% (Sangat Baik). Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh 76,89% dan siklus II dengan rata-rata 89,61%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkakan hasil belajar Pendidikan Pancasila dikelas IV.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...