Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): January - March 2025

Pengaruh Read, Answer, Discuss, Explain, dan Create (RADEC) terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika dan Pemahaman Matematika berdasarkan Gaya Belajar Siswa

Riska, Hadya (Unknown)
Nasution, Sri Purwanti (Unknown)
Andriani, Siska (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Saat ini kemampuan Abad-21 sangat dibutuhkan bagi peserta didik salah satunya pada kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman matematis. Meskipun, pendidik sudah menggunakan model pembelajaran problem based learning namun, masih belum bisa memaksimalkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman matematis peserta didik. Sehingga, untuk menyelesaikan masalah tersebut perlu inovasi yaitu penerapan model pembelajaran read, answer, discuss, explain dan create (RADEC). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keaktifan model pembelajaran RADEC dalam meningkatkan pemecahan masalah dan pemahaman matematis peserta didik pada sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dan bersifat kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 115 siswa kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung yang terdiri dari empat kelas. Kelas VIII C kelompok kontrol dalam penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, sedangkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran RADEC. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini merupakan tes dan angket. Uji hipotesis yang digunakan merupakan uji Two-Way Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran RADEC memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dan pemahaman matematis yang lebih kuat dibandingkan dengan siswa yang menggunakan  model pembelajaran  problem  based  learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...