Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 1 (2025): January - March 2025

Pengaruh Model Contextual Teaching Learning dan Problem Based Learning dengan Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Margareta, Angelina (Unknown)
Huda, Nizlel (Unknown)
Syafmen, Wardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2025

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang kurang dikembangkan dalam proses pembelajaran, sehingga salah satu solusinya melalui model Contextual Teaching Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dengan open ended. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan CTL dengan Open Ended dan PBL dengan Open Ended. Jenis penelitian ini metode eksperimen khususnya Posttest-Only Control Design dengan melibatkan siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi, sementara teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu cluster random sampling. Data yang dianalisis pada penelitian ini diambil dari lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran guru dan aktivitas yang dilakukan siswa yang diberi tanda ceklis oleh observer dan hasil skor hasil tes (posttest) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil uji asumsi yang dilakukan meliputi uji normalitas dengan nilai signifikansi  dan uji homogenitas dengan nilai 0,095. Selanjutnya hasil analisa ANOVA One Way diperoleh nilai signifikansi sebesar . Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari model CTL dengan open ended dan PBL dengan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kemampuan berpikir kreatif siswa jauh lebih meningkat saat diberikan perlakuan menggunakan model CTL dan PBL dengan Open Ended  dibandingkan dengan siswa yang diajarkan melalui metode pembelajaran langsung (Direct Instruction).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...