Jurnal Prasasti Ilmu
Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Prasasti Ilmu

POTRET KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1

Islamiyah, Islamiyah (Unknown)
Masfuah, Siti (Unknown)
Kironoratri, Lintang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret kesulitan membaca permulaan dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Undaan Kidul 3. Dalam membaca permulaan siswa kelas 1 pada awal masuk sekolah dasar terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca diantaranya siswa belum mengenal huruf abjad, belum bisa membedakan huruf  konsonan yang hampir sama, belum bisa merangkai suku kata dan belum lancar dalam membaca kata demi kata, tidak memahami kata yang dibacanya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Undaan Kidul 3 yang berjumlah 10 orang.  Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga kategori utama kesulitan yang secara signifikan menghambat kemampuan membaca awal siswa, yaitu kesulitan pada pelafalan kata, ketidakjelasan bacaan, dan kesulitan membedakan beberapa jenis huruf, baik konsonan maupun vokal.. Sementara upaya yang telah dilakukan guru adalah dengan mengenalkan bentuk huruf vokal dan konsonan terlebih dahulu, serta memulai berlatih membaca dari kata yang paling sederhana sampai rumit. Selain itu, guru juga menggunakan alat bantu media berupa kartu huruf dan huruf warna warni untuk menarik minat belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Prasasti Ilmu merupakan terbitan Laboratorium Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang menampung artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian dari para mahasiswa, guru, dosen, dan peneliti dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang ...