Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen)
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen)

Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Kawasan Wisata Cicalengka Dreamland Kabupaten Bandung Jawa Barat

Damayanti, Ucy (Unknown)
Dipayanti, Kris (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada kawasan wisata Cicalengka Dreamland Bandung Jawa Barat. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif, dengan metode pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 18.053 konsumen dan sampel dengan menggunakan rumus slovin berjumlah 99 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lokasi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara lokasi terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lokasi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JISM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science Physics Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah SWARA MaNajemen (Sawara Mahasiswa Manajemen) Universitas Pamulang ini merupakan kumpulan jurnal hasil karya mahasiswa dan Dosen Prodi Manajemen S-1 Universitas Pamulang. Pada jurnal ini memuat jurnal berbagai konsentrasi yang terdapat pada Prodi Manajemen Unpam tersebut yaitu jurnal ...