Journal of Islamic Education Studies
Vol. 3 No. 1 (2024)

Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Berbasis Kurikulum Merdeka Di Madrasah Aliyah Miftahul Amal Jatimakmur Kota Bekasi: DOI 10.58569/jies.v3i1.1056

Lutfi Adriyansyah (Unknown)
Choli, Ifham (Unknown)
Rodhiyana, Mu'allimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Efektifitas pembelajaran yang efektif adalah usaha yang membuahkan hasil atau menghasilkan belajar yang bermanfaat dan bertujuan bagi para peserta didik. Kata efektivitas pembelajaran mengandung dua indikator penting, yaitu pada peserta didik dan guru. Orang tua umumnya lebih mengutamakan pembelajaran duniawi serta kurang memikirkan pembelajaran agama, Al-Qur’an merupakan salah satu sumber pendidikan Islam yang dapat memberikan dasar yang kuat untuk menentukan arah hidup dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam. Metode penelitian yang diterapkan berupa metode kualitatif. Metode kualitatif ini merupakan metode penelitian dimana data yang diperoleh memiliki sifat deskriptif berupa kalimat tertulis yang diperoleh melalui sebuah wawancara/pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis Kurikulum Merdeka. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektifitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam penerapan Kurikulum Merdeka serta kurangnya motivasi belajar dan minat dari peserta didik. Pendekatan ini memberikan ruang untuk guru dan siswa untuk mengeksplorasi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa dan guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIES

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Specifically discusses the issue of Islamic education. The journals scope includes research. Islamic education thinking, and fieldwork on Islamic education. The approach is interdisciplinary, encompassing, and combining perspectives from Islamic education philosophy. comparative studies of Islamic ...