Journal of Economy Business Development
Vol. 2 No. 3 (2024): Journal of Economy Business  Development, Desember 2024

Pengaruh E-Trust, E-Service Quality Dan Online Customer Rewiew Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee

Nur Annisa Zainal (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa)
Sukmawati Mardjuni (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa)
Herminawaty Abubakar (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Trust, E-Service Quality dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace Shopee. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan bantuan software SPSS Versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan E-Trust terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.078; thitung sebesar 0.176; dan nilai probabilitas (Sig) sebesar 0.477 > 0.05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan E-Service Quality terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari nilai koefisien regresi sebesar 0.307; thitung sebesar 2.369; dan nilai probabilitas (Sig) 0.021 < 0.05. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.510; thitung sebesar 4.711; dan nilai probabilitas (Sig) 0.000 < 0.05. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan E-Trust, E-Service Quality dan Online Customer Review secara simultan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 31.821 dengan nilai probabilitas 0.000 < 0.05. The study aims to determine the effect of E-Trust, E-Service Quality and Online Customer Reviews on purchasing decisions in Shopee marketplace users. The sampling technique uses purposive sampling with a sample of 65 students. The data analysis technique used is multiple linear regression which is processed with the help of SPSS software Version 26.0. The results showed (1) there was a positive and insignificant influence of E-Trust on purchasing decisions, evidenced by the value of the regression coefficient of 0.078; t count of 0.176; and probability value (Sig) of 0.477 > 0.05. (2) there is a positive and significant influence of E-Service Quality on purchasing decisions, as evidenced by the regression coefficient value of 0.307; tcount of 2.369; and probability values (Sig) 0.021 < 0.05. (3) there is a positive and significant influence of Online Customer Review on purchasing decisions, evidenced by a regression coefficient value of 0.510; tcount of 4.711; and probability values (Sig) 0.000 < 0.05. (4) there is a positive and significant influence of E-Trust, E-Service Quality and Online Customer Review simultaneously on purchasing decisions, evidenced by a calculated F value of 31,821 with a probability value of 0.000 < 0.05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebd

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Journal of Economy Business Development merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan hasil pemikiran termasuk pengembangan dan review bidang ilmu manajemen dan ekonomi serta studi pembangunan yang mencakup antara lain perencanaan pembangunan daerah, pemerataan ekonomi, konsep ...