Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan
Vol 10 No 1 (2019): Darul Ulum, Volume 10 Nomor 1, 2019

SISTEM DAN KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM DI MASA DINASTI MUGHAL INDIA SERTA RELEVANSINYA PADA MASA SEKARANG

Abdan Rahim (STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot Kab Paser)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2019

Abstract

Kerajaan Mughal berdiri seperempat abad sesudah berdirinya Kerajaan Safawi, diantara ke tiga kerajaan besar Islam tersebut (Kerajaan Safawi, Kerajaan Turki Ustmani, dan Kerajaan Mughal), kerajaan inilah yang termuda. Kerajaan Mughal merupakan salah satu warisan peradaban Islam di India. Keberadaan kerajaan ini telah menjadi motivasi kebangkitan baru peradaban tua di anak benua India yang nyaris tenggelam. Sebagaimana diketahui, India adalah suatu wilayah tempat tumbuh dan berkembangnya peradaban Hindu. Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Dinasti Mughal atau Moghul sudah berkiblat pada dunia barat yang dikenal dengan zaman renaissance (14-17 M). Dinasti ini mulai dari abad pertengahan sampai awal abad modern dengan dua kerajaan besar lainnya yaitu Dinasti Turki-Usmani dan Safawi. Dinasti ini menunjukkan aliran Sunni seperti Dinasti Turki-Usmani, berbeda dengan Dinasti Syawafi yang menunjukkan kesyi’ahannya. Dinasti yang didirikan oleh Zahiruddin Muhammad Babur bertahan selama 332 tahun. Berbagai persoalan meliputi, politik, sosial, budaya dan pendidikan membuat dinasti ini memiliki pergantian penguasa atau kaisar yang banyak. Dinasti ini memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan sistem dan kelembagaan pendidikan Islam, dan peninggalannya masih berkembang pada masa saat ini, dan menjadi sintesa bagi beberapa pondok pesantren di Indonesia.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

darululum

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Darul Ulum: Journal of Islamic Studies, published by Darul Ulum Research Centre of STIT Darul Ulum Kotabaru Kalimantan Selatan since 2008, can be said as the oldest academic journal dealing with the theme in South Borneo. The subject covers textual and fieldwork studies with various perspectives of ...