Inovatif : Jurnal Administrasi Niaga
Vol. 3 No. 1 (2021): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga

KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PADA PLASA TELKOM AMUNTAI AREA KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Rifani, Jamil (Unknown)
Febriadi, Herry (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Kualitas pelayanan mengacu kepada segala sesuatu yang menentukan kepuasan pelanggan, suatu jasa yang dihasilkan baru dikatakan berkualitas apabila sesuatu dengan keinginan pelanggan, dimanfaatkan dengan baik, serta dijasai (dihasilkan) dengan cara yang baik dan benar. Dalam penelitian pelayanan publik, peneliti membatasi dengan menggunakan lima indikator dan kelima indikator adalah Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati. Dengan demikian, tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui Kualitas Pelayanan terhadap Pelanggan pada Plasa Telkom Amuntai area Kabupaten Hulu Sungai Utara dan faktor yang menghambatnya, serta upaya yang dilakukan dalam faktor mengatasi penghambat tersebut. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif-kualitatif dan untuk sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa kualitas Pelayanan terhadap Pelanggan pada Plasa Telkom Amuntai dikategorikan cukup berkualitas. Hal tersebut terlihat dari indikator; 1) Sarana dan prasarana yang dimiliki dikategorikan tidak berkualitas. 2) Ketepatan waktu pegawai dikategorikan tidak berkualitas. 3) Pelayanan yang tidak membedakan antara pelanggan oleh pegawai dikategorikan berkualitas. 4) Ketanggapan para pegawai di dalam melayani dikategorikan berkualitas. 5) Penyampaian informasi yang dilakukan oleh pegawai dikategorikan berkualitas. 6) Pegawai dikategorikan berkualitas dalam berkomunikasinya terhadap pelanggan. 7) Keamanan dikategorikan tidak berkualitas. 8) Pegawai dikategorikan berkualitas di dalam kesopanan dan kesantunan. 9) Perhatian pegawai dikategorikan berkualitas. 10) Pemahaman pegawai dikategorikan berkualitas. Adapun saran di dalam penelitian ini, yaitu Pegawai Plasa Telkom Amuntai diminta untuk lebih disiplin lagi dan pelanggan Plasa Telkom Amuntai diminta untuk memberitahukan tentang permasalahan pelayanan dari para pegawai Plasa Telkom Amuntai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

inovatif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Inovatif di terbitkan oleh Program Studi : Administrasi Niaga pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang aspek - aspek Administrasi Niaga dalam era Indusrti 4.0 dan juga informasi berupa hasil penelitian lapangan atau studi pustaka. Jurnal ...