Inovatif : Jurnal Administrasi Niaga
Vol. 5 No. 1 (2023): Inovatif Jurnal Administrasi Niaga

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ASUS PADA TOKO YULIDA KOMPUTER DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Handayani, Ramona (Unknown)
Afrida, Afrida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Harga laptop asus terjangkau untuk setiap tipenya. Selain itu, harga yang murah menjadi cara Asus untuk menarik perhatian konsumen, dan kelebihan lainnya adalah Asus memberikan garansi paling lama yaitu 2 tahun. Sedangkan kekurangan dari laptop asus adalah tidak memiliki banyak service center, sehingga jika terjadi kerusakan maka proses perbaikannya lebih lama dibandingkan merk laptop lainnya. Selain itu terlalu cepatnya rilis seri terbaru dengan spesifikasi lebih tinggi dan harga lebih murah, hal ini berdampak pada kepuasan konsumen yang sudah membeli sebelum rilis seri terbaru. Biasanya Asus merilis produk terbarunya sebulan sekali. Kekurangan lainnya adalah keyboard sering bermasalah dan harga sparepart yang masih mahal dibandingkan laptop merek lain. Masalah ini juga biasanya menjadi keluhan pelanggan laptop Asus di toko Yulida Computer Amuntai yaitu masalah gangguan keyboard seperti lengket terutama jika laptop jarang digunakan. jadi kelemahan inilah yang membuat penjualan asus tidak stabil dimana sebelumnya mereka membeli laptop merk asus tapi setelah terjadi kerusakan atau kerusakan mereka beralih ke laptop merk lain khususnya di toko yulida computer. Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian yang berjudul “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merk Asus Di Toko Komputer Yulida Amuntai Hulu Sungai Utara”. , apakah ada pengaruh secara parsial kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus, dan apakah ada pengaruh simultan harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop merek Asus di Toko Komputer Yu;ida Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Dari pengujian instrumen penelitian semua item pada variabel X1, X2 dan Y dikatakan valid dan reliabel dimana r hitung lebih besar dari r tabel dan nilai cronbanch alpha lebih besar dari 0,6. Dari hasil uji normalitas, jika histogram bar mengikuti garis lonceng, residual berdistribusi normal dan pada citra normal plot P-P dapat diartikan jika titik-titik plot pada citra selalu mengikuti dan mendekati garis diagonal, maka terdistribusi secara normal. Dari uji heteroskedastisitas dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pola yang jelas pada sumbu seperti tidak bergelombang, tidak melebar, dan tidak menyempit tetapi berupa titik-titik acak atau acak, maka tidak terdapat gejala heteroskedastisitas. Dari uji multikolinieritas didapatkan nilai tolerance 0,573 dan nilai VIP 1,746, sehingga diperoleh nilai 0,573 > 0,1 dan 1,746 < 10, maka kesimpulannya tidak ada gejala multikolinearitas. Dari pengujian hipotesis di atas diperoleh nilai sig untuk X1 sebesar 0,683 dan nilai sig X2 sebesar 0,009, maka X1 = 0,683 > 0,05 sehingga kesimpulannya variabel harga (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) sedangkan X2 (kualitas produk) = 0,009 < 0,05 maka kesimpulannya variabel kualitas produk (X2) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Variabel Y), sehingga hipotesis pertama (Ha 1) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop asus ditolak atau Ho 1 diterima yaitu tidak ada pengaruh harga secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop asus. sedangkan hipotesis kedua (Ha 2) ada pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop Asus diterima. Dan nilai sig 0,001 lebih kecil dari 0,05 atau 0,001 < 0,05 artinya variabel X1 (harga) dan X2 (kualitas produk) secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen (keputusan pembelian), sehingga hipotesis ketiga (Ha3) menyatakan ada pengaruh harga dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian laptop Asus yang diterima. Untuk koefisien determinan (R square) sebesar 0,204 yang artinya pengaruh variabel bebas (harga dan kualitas produk) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) adalah sebesar 20,4%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inovatif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Inovatif di terbitkan oleh Program Studi : Administrasi Niaga pada Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai sebagai media untuk menyalurkan pemahaman tentang aspek - aspek Administrasi Niaga dalam era Indusrti 4.0 dan juga informasi berupa hasil penelitian lapangan atau studi pustaka. Jurnal ...