Menginvestigasi bagaimana keputusan pembelian user Shopee pada mahasiswa program studi Administrasi Bisnis STIA Amuntai dipengaruhi harga dan live shopping menjadi tujuan dari studi ini. Tipe penelitian asosiatif dan metode analisis regresi linier berganda melalui perangkat statistic SPSS versi 29.0 diaplikasikan dalam penelitian pendekatan berbasis kuantitatif ini. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji reliabilitas, pengujian hipotesis (uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F) dan koefiesien determinan), serta uji validitas merupakan pendekatan analisis yang diaplikasikan. Adapun dalam studi ditemukan persamaan regresi berganda Y = 1,580 + 0,261X1 + 0,259X2. Pada uji F atau hipotesis secara simultan diperoleh temuan F hitung berjumlah 39,228 dan sig = 0,001 < 0,05 memperlihatkan jika harga dan live shopping secara simultan dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian pengguna Shopee. Sementara itu, variabel live shopping secara parsial memiliki dampak signifikan pada keputusan pembelian sebab value t tabel = 1,677 kurang dari t hitung = 3,486 dan value signifikansi kurang dari 0,05. Akan tetapi, harga tidak mempunyai dampak yang nyata pada keputusan untuk membeli sebab value signifikansi berjumlah 0,78 lebih tinggi dari 0,05 dan value t hitung berjumlah 1,800 lebih banyak dari t tabel yang bernilai 1,677. Diharapkan studi berikut dapat berkontribusi dalam kemajuan ilmu pengetahuan, bidang pemasaran utamanya, serta dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis pada peningkatan keputusan pembelian konsumen lewat strategi live shopping dan penetapan harga yang tepat.
Copyrights © 2024