Jurnal Grafis
Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Grafis Volume 2, Nomor 1

PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE ECO STRAW DARI PATI JAGUNG MENGGUNAKAN METODE PEMASARAN TERINTEGRASI

Ayunissa Rachmaniar, Nabilla (Unknown)
Rachmawati, Ine (Unknown)
Mutohari, A Sobi (Unknown)
Kusnadi, Kusnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Pemanasan global dan perubahan iklim terjadi bukan hanya karena manusia melakukan penebangan hutan, mengurangi lahan hijau dan membangun Gedung- gedung tinggi, tetapi juga pencemaran lingkungan. Salah satunya adalah pencemaran yang berasal dari sedotan plastik. Berbagai komunitas telah melakukan kampanye pengurangan penggunaan produk sedotan plastik sekali pakai,  . Perancangan konten Instagram sebagai kampanye sosial pengurangan sampah plastik memiliki tujuan untuk memberikan informasi bagaimana proses perancanganan hingga penempatan konten kreatif tersebut sebagai kampanye sosial pengurangan sampah plastik kepada masyarakat. Penulis memakai metode pengumpulan data, kemudian metode analisis Integrated Marketing Communications (IMC) yang berisi analisis data SWOT menggunakan langkah analisis dengan mengkaji hal atau gagasan yang akan dinilai, dengan cara memilah dari segi kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunity) dan ancaman (Threat). Kemudian menganalisis Unique Selling Proposition (USP), yaitu keunikan yang membedakan produk Sedotan pati jagung dari sedotan ramah lingkungan sejenis lainnya. Selanjutnya penulis melakukan perancangan media konten di instagram berupa infografis, video reels, poster dan X-banner.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalgrafis

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal GRAFIS adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan serta dikelolan Program Studi Desain Komunikasi Visual dan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Grafis menerbitkan makalah asli, makalah review, kerangka ...