Jurnal Grafis
Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Grafis Volume 1, Nomor 1

Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf dan Bacaan Bagi Anak Usia Dini

Kitriawati Kitriawati (Universitas Catur Insan Cendekia)
Yuni Awalaturrohmah Solihah (Universitas Catur Insan Cendekia)
Kusnadi Kusnadi (Universitas Catur Insan Cendekia)
Lena Magdalena (Universitas Catur Insan Cendekia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Pendidikan usia dini ialah waktu belajar paling baik bagi anak, pada usia dini, anak lebih mudah menerima suatu informasi. Kebanyakan orang tua mulai menyekolahkan anaknya pada usia dini di PAUD maupun TK. Salah satu materi yang paling dasar ketika anak belajar di PAUD ialah belajar mengenal huruf dan membaca. Namun tidak semua anak dengan mudah menerima materi tersebut contohnya murid kelas B di PAUD KURNIA yang berada di Battembat, dengan berbagai alasan, salah satunya karena kurang efektifnya media yang digunakan ketika belajar, sehingga anak mudah bosan. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan media agar lebih tertarik ketika belajar membaca. Dari hasil penelitian, data yang diperoleh, anak-anak lebih sering menggunakan buku dan permainan, namun buku dan permainan yang tersedia kurang interaktif dan tidak colorful. Mengacu pada data yang diperoleh, media yang akan dibuat dalam perancangan ini berupa buku dan permainan puzzle yang lebih efektif, colorful dan interaktif dengan dukungan ilustrasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalgrafis

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal GRAFIS adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan serta dikelolan Program Studi Desain Komunikasi Visual dan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Grafis menerbitkan makalah asli, makalah review, kerangka ...