Jurnal Grafis
Vol 3, No 2 (2025): Jurnal Grafis Volume 3, Nomor 2

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOARD GAME VERB LINK BAHASA INGGRIS KELAS III SD

Fahriel Valendriana Martin (Catur Insan Cendekia University)
Suhadi Parman (Catur Insan Cendekia University)
Rifqi Fahrudin (Catur Insan Cendekia University)
Yuni Awalaturrohmah Solihah (Catur Insan Cendekia University)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media Pembelajaran interaktif berupa board game matematika“Perkalian”untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa kelas III di SD Kesambi Dalam 1, Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika karena kurangnya ketertarikan terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Untuk itu, dirancang sebuah board game interaktif yang tidak hanya menyajikan materi perkalian, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendidik. Implementasi media pembelajaran ini dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan board game ini mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi perkalian. Dengan demikian, board game ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalgrafis

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal GRAFIS adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan serta dikelolan Program Studi Desain Komunikasi Visual dan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Grafis menerbitkan makalah asli, makalah review, kerangka ...