J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 9 No. 2 (2020): J+PLUS, Desember 2020

MODEL PENDAMPINGAN ANAK JALANAN BERBASIS PENGUATAN MINAT BAKAT DI UPTD KAMPUNG ANAK NEGERI SURABAYA

Nabilla Rahma Ekthias (Universitas Negeri Surabaya)
Widya Nusantara (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap model pendampingan anak jalanan berbasis penguatan minatbakat di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya dengan menggali faktor pendukung dan penghambatdalam penerapan model pendampingan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitiankualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini didukung oleh pedoman observasi partisipan,wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi koleksi data, kondensasi data,display data dan verivikasi data. Keabsahan dan kriteria data yang digunakan yaitu: kepercayaan,dependabilitas, konfirmabilitas dan transfermabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modelpendampingan anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya menggunakan pendekatanhumanistik, di mana pendamping menggunakan pendekatan yang menekankan pada pengalaman danperilaku anak jalanan, melaksanakan pendampingan belajar dengan memasukkan anak jalanan kesekolah formal. Faktor pendukung dalam pelaksanaan model pendampingan minat bakat anak jalananyaitu: a) respon positif dari anak jalanan dan beberapa orang tua, b) kemauan untuk melakukan kegiatanpendampingan minat bakat, c) adanya antusias yang tinggi dari pihak pendamping untuk melakukankegiatan minat bakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) sikap malas dari beberapa anak jalananyang mengikuti pendampingan minat bakat, b) kurangnya prasarana atau tempat bagi anak jalananuntuk memamerkan atau menjual karya lukisan, c) pengaruh lingkungan supaya tidak mengikutikegiatan minat bakat, d) dari segi sarana untuk peralatan tinju kurang memadai.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...