Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap model pendampingan anak jalanan berbasis penguatan minatbakat di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya dengan menggali faktor pendukung dan penghambatdalam penerapan model pendampingan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitiankualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini didukung oleh pedoman observasi partisipan,wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi koleksi data, kondensasi data,display data dan verivikasi data. Keabsahan dan kriteria data yang digunakan yaitu: kepercayaan,dependabilitas, konfirmabilitas dan transfermabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modelpendampingan anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya menggunakan pendekatanhumanistik, di mana pendamping menggunakan pendekatan yang menekankan pada pengalaman danperilaku anak jalanan, melaksanakan pendampingan belajar dengan memasukkan anak jalanan kesekolah formal. Faktor pendukung dalam pelaksanaan model pendampingan minat bakat anak jalananyaitu: a) respon positif dari anak jalanan dan beberapa orang tua, b) kemauan untuk melakukan kegiatanpendampingan minat bakat, c) adanya antusias yang tinggi dari pihak pendamping untuk melakukankegiatan minat bakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) sikap malas dari beberapa anak jalananyang mengikuti pendampingan minat bakat, b) kurangnya prasarana atau tempat bagi anak jalananuntuk memamerkan atau menjual karya lukisan, c) pengaruh lingkungan supaya tidak mengikutikegiatan minat bakat, d) dari segi sarana untuk peralatan tinju kurang memadai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020