J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 10 No. 1 (2021): J+PLUS, Juni 2021

MODEL PEMBERDAYAAN PEMUDA DALAM KOMUNITAS KUDA LUMPING DI SANGGAR PERMADI MELATI MOJO KEDIRI

M. Rizal Nur Afif (Universitas Negeri Surabaya)
Widya Nusantara (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Model pemberdayaan pemuda merupakan upaya yang dilakukan untukmembangkitkan potensi pemuda agar memiliki berperan serta dalam pembangunan(sebagai kader yang harus dikembangkan). Tujuan penelitian ini untukmendeskripsikan dan menganalisis model pemberdayaan pemuda dalam komunitaskuda lumping di Sanggar Permadi Melati Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan model interaktif Miles andHuberman. Subjek penelitian adalah pengurus komunitas kuda lumping, parapemuda komunitas kuda lumping, dan masyarakat sekitar Mojo Kediri. Hasilpenelitian menunjukan bahwa model pemberdayaan pemuda dalam komunitas kudalumping sebagai hiburan, media pendidikan, tempat komunikasi, solidaritaspemuda, dan melestarikan kesenian sehingga mampu membentuk pemuda yangaktif dan kreatif. Faktor pendukung meliputi: tersedianya sarana dan prasarana yangmemadahi, memiliki pengurus yang sangat kompeten dalam melatih para pemuda,warga sekitar sanggar yang sangat berpengaruh. Faktor penghambat meliputi:kurangnya minat pemuda untuk melestarikan kesenian kuda lumping dan kerusuhanantar pemuda saat pementasan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...