J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 10 No. 2 (2021): J+PLUS, Desember 2021

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI TK MARDI UTOMO 1

Fitria Agnes Aulia (Universitas Negeri Surabaya)
Widya Nusantara (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Artikel ini berisikan laporan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kebutuhan belajar yang diperlukan orang tua dan cara orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran daring di TK Mardi Utomo 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dialami orang tua dalam mendampingi belajar anak yaitu kurangnya pemahaman teknologi yang dimiliki dan juga pendampingan yang diberikan kepada anak kurang efektif. Cara pendampingan pada anak dari hasil penelitian diketahui ada dua jenis yakni pendampingan penuh dan pendampingan sesaat. Anak yang didampingi dengan baik pada saat proses belajar mengajar berlangsung dapat menerima materi pembelajaran dengan maksimal dan memiliki motivasi belajar yang tinggi, begitupun sebaliknya bila anak hanya mendapat pendampingan sesaat materi yang disampaikan guru tidak bisa diterima dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...