J+Plus: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Vol. 11 No. 2 (2022): J+PLUS, Desember 2022

PENGARUH KOMPTENSI PEDAGOGIK TUTOR TERHADAP PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI UPT SKB GRESIK

Dinda Arifa (Universitas Negeri Surabaya)
Heru Siswanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi pedagogik tutor dengan pengelolaan pembelajaran pada program kesetaraan paket C di UPT SKB Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 30 tutor dan pamong program kesetaraan paket C di UPT SKB Gresik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket. Angket yang disebarkan adalah angket tertutup melalui google form. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, uji T dan analisis determinasi. Pada hasil uji T nilai siginifikasi yang diperoleh pada kolom Kompetensi Pedagogik angka signifikasi yang ditujukkan yaitu 0,000 < 0,05.Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji hipotesis ini dinyatakan bahwa variabel kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap variabel pengelolaan pembelajaran secara signifikan. Sedangkan hasil uji analisis determinasi menunjukkan nilai determinasi yaitu 90,1%. Artinya, kompetensi pedagogik tutor mempengaruhi pengelolaan pembelajaraan sebesar 90,1%. Serta dalam hasil analisis regresi linier sederhana nilai koefisien regresi (kompetensi pedagogik) sebesar 0,726. Arah pengaruh variabel kompetensi pedagogik terhadap pengelolaan pembelajaran bersifat positif. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik tutor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengelolaan pembelajaran program kesetaraan paket C di UPT SKB Gresik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Strategi, metode, dan model pembelajaran dalam Pendidikan Nonformal Teknologi dan media pembelajaran untuk Pendidikan Nonformal Pelatihan berbasis komunitas dan pengembangan keterampilan Inovasi dalam pendidikan masyarakat dan pendidikan seumur hidup Pendidikan vokasional dan pelatihan kerja Program ...